Jumat, 30 November 2012

penentuan kadar nikotin dalam rokok



Alkaloid adalah senyawa organik yang terdapat di alam bersifat basa atau alkali dan sifat basa ini disebabkan karena adanya atom N (Nitrogen) dalam molekul senyawa tersebut dalam struktur lingkar heterosiklik atau aromatis.  Tembakau adalah tanaman musiman  yang tergolong dalam tanaman perkebunan. Pemanfaatan tanaman tembakau  terutama  pada  daunnya  yaitu  untuk pembuatan rokok.
 Tanaman tembakau diklasifikasikan sebagai berikut :

Famili               : Solanaceae
Sub Famili : Nicotianae Genus                        :   Nicotianae
Spesies             : Nicotiana tabacum dan   Nicotiana rustica


Tembakau merupakan bahan dasar utama dalam pembuatan rokok. Nikotin ialah
senyawa spesifik yang dikandung oleh tembakau. Nikotin merupakan basa lemah yang
mudah menguap ( Volatil base ). Untuk itu diperlukan suatu metoda yang cocok untuk penentuan  kadarnya.














Merokok telah diketahui dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan ini dapat disebabkan olenikotin yang berasal dari asap arus utama dan asap arus samping dari rokok yang dihisap oleh perokok. Dengan demikian penderita tidak hanya perokok sendiri (perokok aktif) tetapi juga orang yang berada di lingkungan asap rokok (Environmental Tobacco Smoke) atau disebut dengan perokok pasif1. Gangguan kesehatan yang ditimbulkan dapatberupa bronkitis kronis, emfisema, kanker paru-paru, larink, mulut, faring, esofagus, kandung kemih, penyempitan pembuluh nadi dan lain-lain. Namun demikian masih banyak orang baik laki-laki maupun perempuan yang belum atau tidak dapat meninggalkan kebiasaan merokok ini 2.
Berbagai usaha telah dilakukan oleh pihak-pihak yang peduli terhadap kesehatan lingkungan dari asap rokok, seperti larangan merokok di tempat-tempat umum, instalasi khusus, dan lain-lain. Bahkan peringatan pemerintah pada kemasan rokok yang menyatakan bahwa merokok dapat merugikan kesehatan tidak mendapatkan tanggapan baik dari masyarakat. Risiko yang dapat ditimbulkan oleh karena merokok sebenarnya dapat dikurangi bila diketahui kadar nikotin dalam asap rokok. Bila kadar ini dicantumkan maka calon perokok dapat memilih rokok dengan kandungan nikotin yang sekecil mungkin atau kandungan yang paling sedikit diantara jenis-jenis rokok. Pada saat ini banyak produsen rokok belum mencantumkan kadar nikotin dalam kemasannya maka perlu dilakukan pengukuran kadar nikotin yang dihasilkan oleh asap rokok dengan tujuan untuk mengetahui berapa kandungan nikotin yang dihasilkan oleh asap rokok dari berbagai
macam merk rokok yang banyak beredar di pasaran. pada semua kemasan rokok telah dicantumkan kadar nikotinnya, sedangkan pada kemasan cerutu tidak.
Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok kretek lebih besar dari rokok filter baik pada asap arus utama atau pun arus samping. Pada rokok filter kandungan nikotin terbesar terdapat pada Filter-C dan yang terkecil rokok Filter-A. sedangkan pada jenis kretek, nikotin paling besar didapatkan pada Kretek-X, yang terkecil Kretek-Z.


5 komentar:

  1. Pada saat ini banyak produsen rokok belum mencantumkan kadar nikotin dalam kemasannya dan juga pada rokok cerutu tidak dicantumkan kadarnya maka perlu dilakukan pengukuran kadar nikotin,
    bagaimana cara penentuan kadar nikotin dalam rokok tsb,metode apa yang bisa digunakan,
    pada tiap merk rokok juga ditemukan kadar nikotin yang berbeda,apa yang menyebabakannya.?

    BalasHapus
  2. Pengukuran kadar nikotin dilakukan dengan menggunakan metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi per batang rokok. Langkah pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan dan alat yang diperlukan, pembuatan larutan standar nikotin, penentuan volume larutan pengabsorbsi, uji kualitatif nikotin, absorsi nikotin dari asap rokok dan analisis dengan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi. Banyaknya nikotin dalam asap rokok dihitung berdasarkan luas puncak kromatogram standar nikotin yang diketahui konsentrasinya.

    Perbedaan ini selain dikarenakan perbedaan dalam pembentukannya, juga disebabkan karena asap rokok arus samping terus menerus dihasilkan selama rokok menyala walaupun tidak sedang dihisap. Perbedaan nikotin dalam berbagai merk rokok dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain jenis dan campuran tembakau yang digunakan, jumlah tembakau dalam tiap batang rokok, senyawa tambahan yang digunakan untuk meningkatkan aroma dan rasa, serta ada-tidaknya filter dalam tiap batang rokok.

    BalasHapus
  3. Menentukan kadar nikotin dalam rokok kretek dan cerutu yang dijual di beberapa toko dapat dilakukan menggunakan metoda titrasi potensiometri bebas air, yaitu metoda dimana dalam perlakuannya banyak membutuhkan pelarut organik dan kelemahannya membutuhkan waktu pengerjaan yang lama. Dan juga bisa dengan menggunakan metoda kromatografi gas. Kromatografi gas dipilih karena waktu pengerjaannya yang cepat, tidak membutuhkan banyak pelarut organik, selektif, sensitif dan yang paling penting ialah metoda ini cocok untuk senyawa yang mudah menguap seperti nikotin.

    BalasHapus
  4. cantumin daftar pustakanya jg dong. .
    buat referensi tugas nih ;)

    BalasHapus
  5. Jual Rokok Rempah kaya manfaat dan berkhasiat bagi kesehatan
    www.cigarskruie.com
    atau hubungi saya di 081327725454

    BalasHapus